Pengelasan MMA, atau pengelasan elektroda tongkat, secara tradisional adalah teknik pengelasan busur pertama yang diperkenalkan dan diajarkan kepada para pekerja. Ada keterampilan untuk itu yang datang dengan latihan tetapi itu menawarkan wawasan lebih jauh tentang proses pengelasan lainnya sehingga perkembangannya lancar.

Proses elektroda batang ini menawarkan banyak keuntungan dibandingkan dengan proses yang disebutkan sebelumnya. Pada prinsipnya, semua bahan dapat dilas menggunakan pengelasan elektroda kecuali beberapa.

Proses ini sebagian besar digunakan untuk konstruksi baja dan pipa, tetapi juga digunakan secara luas di seluruh perdagangan dan industri logam. MMA memungkinkan berbagai variasi sambungan dan posisi las, terlepas dari apakah ini pengelasan vertikal atau overhead dengan integritas tinggi dari pengelasan akhir.

Bonus lainnya adalah pengelasan MMA tidak mengandalkan gas pelindung sehingga metode pengelasan ini dapat digunakan di luar ruangan, bahkan dalam cuaca seperti angin atau hujan.

Agar proses ini bergerak, kontak antara batang elektroda dan benda kerja menyalakan busur. Dari sini, korsleting dibuat untuk sepersekian detik antara dua kutub yang menjaga agar arus dapat mengalir. Busur terbakar di antara keduanya yang menciptakan panas fusi yang diperlukan, inti logam batang dilebur ke dalam lasan dan lapisan fluks meleleh dan mengapung di atasnya untuk mencegah oksigen membuat kontak dengan logam cair.

Tegangan rendah dan ampere tinggi yang dibutuhkan untuk pengelasan MMA membuatnya menguntungkan. Sumber daya yang diatur dan dapat disesuaikan ini berarti bahwa faktor-faktor dapat dengan mudah dipantau. Arus listrik adalah parameter terpenting untuk kualitas pengelasan. Oleh karena itu, busur harus tetap konstan meskipun panjang busur berubah.

Karena keserbagunaan proses pengelasan ini dan kualitas sambungan akhir yang dilas, maka tidak heran sambungan ini sering digunakan. Mesin las MMA yang dipasok oleh HBV dirancang untuk mengeluarkan kebisingan dalam jumlah rendah dan membuat kehidupan pekerja las senyaman mungkin dengan fitur seperti start panas di mana daya ditingkatkan untuk semburan singkat untuk membantu memulai proses pengelasan.

Harus dicatat bahwa pekerja las MMA harus digunakan di lokasi dengan banyak ventilasi atau ekstraksi udara karena banyak asap yang dapat dihasilkan. Opsi pengelasan ini dikenal sebagai yang lebih lambat dari ketiganya, tetapi sangat cocok untuk bagian yang lebih tebal. Dengan pemikiran dan perencanaan ke depan, proses ini tidak kehilangan kegunaannya.

Gallery Products

CT416

Image 1 of 16